Program C++ Mencari Bilangan Terkecil Dengan Operator Kondisi


Pada bahasa pemrograman C++ terdapat sebuah operator yang termasuk operator ternary yaitu operator kondisi. Operator ternary adalah operator yang menggunakan 3 operand (berupa ungkapan), maka dari itu operator kondisi pada C++ termasuk operator ternary.
Salah satu contoh kegunaan operator kondisi adalah pada program C++ untuk mencari bilangan terkecil. Sebenarnya cara ideal pada program C++ untuk mencari bilangan terkecil adalah menggunakan pernyataan IF. Tetapi sebelum mengenal pernyataan IF, kita juga dapat menggunakan operator kondisi untuk mencari bilangan terkecil, misalnya mencari bilangan diantara 3 bilangan.
Baiklah, berikut ini program C++ untuk mencari bilangan terkecil diantara 3 bilangan dengan menggunakan operator kondisi :

01#include <iostream.h>
02#include <conio.h>
03
04void main()
05{
06      int bil1, bil2, bil3, minim;
07      bil1 = 9;
08      bil2 = 2;
09      bil3 = 7;
10      minim = bil1 < bil2 ? bil1 : bil2;
11      minim = bil3 < minim ? bil3 : minim;
12      cout<<"Bilangan terkecil = "<<minim;
13      getch();
14}


Jika ingin mencari bilangan terbesar, cukup edit sedikit code program diatas, yaitu ubah tanda “<” (lebih kecil) menjadi “>” (lebih besar). Jika anda sudah mengerti contoh program diatas, untuk latihan algoritma cobalah sekarang buat program mencari bilangan terkecil / terbesar dari 4 buah bilangan. Selamat mencoba

Related Posts:

0 Response to "Program C++ Mencari Bilangan Terkecil Dengan Operator Kondisi"

Posting Komentar